MURDER STUDY SYSTEM

Mencari ilmu penting hukumnya bagi manusia apalagi bagi seorang muslim sebagaimana dalam hadits yang artinya Carilah ilmu meski sampai ke negri china, karena sesungguhnya menuntut ilmu itu hukumnya wajib bagi setiap muslim laki-laki dan perempuan. Hadits ini menunjukkan kalau seyiap muslim mempunyai kewajiban mencari ilmu walau sampai ke negri china, dalam artian sejauh apapun. Dalam kita mencari ilmu banyak hal yang harus kita siapkan. Kesiapan fisik, mental, perlatan yang dibutuhkan selama pembelajaran, konsentrasi, dsb. Kesiapan fisik kita harus mempunyai fisik yang kuat dan sehat agar dalam menerima pelajaran lebih mudah. Kesiapan mental dalam artian kita harus mempersiapkan mental yang baik untuk mencari ilmu, siap dengan segala kondisi yang ada. Hal ketiga yaitu konsentrasi, tiap orang mempunyai cara yang berbeda2 dalam belajar. Ada yang dengan mendengarkan musik ia bisa konsentrasi belajarnya, ada yang bisa konsentrasi hanya ditempat yang sepi, dan lainsemacamnya. Kadang kita sulit untuk bisa konsentrasi karena beberapa hal, misalnya kita lagi punya masalah, lagi sakit atau bahkan memang tidak pernah konsentrasi kalau belajar(he3). Untuk lebih jauh membahasa cara2 belajar yang baik ada sebuah sistem belajar yang pernah saya baca dari majalah, sistem itu disebut dengan MURDER study sistem yang diciptakan oleh seorang yang mempunyai prinsip Study is nothing else but a possesion of the mind. Namanya Thomas Hobbes (1651, English). MURDER study merupakan kependekan dari beberapa kata yang mengandung makna sendiri-sendiri. M(Mood), U(Understanding), R(Recall), D(Digest), E(Expand), dan R(Review). Kita artikan satu persatu dari kata tersebut.

1. Mood

Mood adalah istilah bahasa inggris yang artinya suasana hati. Dalam belajar bikin suasana hati yang positif yang bisa menciptakan semangat belajar. Dengan begitu konsentrasi belajar akan bisa dicapai semaksimal mungkin dan bisa menyerap apa yang telah dipelajari. Karena kalau suasana hati kita tidak mendukung maka semua konsentrasi akan dibuyarkan dengan pikiran-pikiran yang tidak penting untuk difikirkan. So, ciptakan suasana hati yang positif ketika kita belajar sebuah ilmu.

2. Understanding

Understanding adalah pemahaman terhadap suatu materi. Dalam memahami suatu materi kita harus konsentrasi secara penuh terhadap materi tersebut dengan cara memahami tiap-tiap kalimat dan mencerna maksud dari kalimat tersebut. Bisa juga sebagian dari kita membanyangkan secara langsung hal yang terjadi dalam kalimat tersebut. Kita hendaknya mengikuti secara runtun aliran suatu materi dengan seksama karena jika satu materi saja terlewat maka pada materi berikutnya kemungkinan besar kita akan sulit memahaminya.

3. Recall

Recall artinya mengulang materi yang telah diberikan oleh pengajar. Kegiatan mengulang ini bisa dilakukan setelah kita mendapatkan materi tersebut, sepulang sekolah atau kuliah misalnya, waktu istirahat, dan diwaktu-waktu senggang lainnya. Pada kegiatan mengulang ini kita bisa membaca ulang sesuai dengan materi yang telah diberikan, kemudian kita rangkum dengan bahasa kita sendiri yang mudah dipahami. Sehingga secara tidak langsung kita membaca sekaligus menghafal materi yang telah kita pelajari dan disaat ujian kita tinggal mengulang saja.

4. Digest

Digest artinya mencerna suatu materi, sehingga kita akan benar2 faham terhadap materi tersebut. Jika saat menerima pelajaran dari guru ataupun dosen dan kita tidak bisa mencerna dan menerima dengan baik, maka sebisa mungkin kita berusaha untuk mengetahuinya lewat membaca buku. Dengan begitu kita akan lebih tau banyak hal2 yang berkaitan dengan materi tersebut.

5. Expand

Expand artinya pengembangan. Dengan cara pengembangan kita akan lebih tahu banyak tentang hal2 yang berhubungan dengan materi terkait. Ada 3 buah pertanyaan yang bisa kita ajukan untuk mengkritisi materi tersebut yaitu jika saya bertanya pada pengajar, pertanyaan apa yang akan saya ajukan, bagaimana saya mengaplikasikan materi tersebut sehingga saya bisa tertarik dan bagaimana saya bisa membuat informasi yang menarik yang dapat dipahami oleh pelajar yang lain.

6. Review

Review maksudnya cara mudah yang dapat membantumu memahami dan atau menguasai informasi yang telah lalu dan menggunakannya pada pelajaran berikutnya.

Selain mengaplikasikan MURDER study system diatas tak lupa juga kita memohon kepada Allah untuk dimudahkan dalam mencari ilmu. Dan juga jangan sampai kita melanggar aturan2 Allah, karena Ilmu itu cahaya, dan cahaya tersebut tidak akan diberikan kepada orang yang melanggar aturan-Nya. Allah yang Maha Menentukan segala yang terjadi pada manusia. Sehingga apabila sudah berusaha semaksimal mungkin dengan menjalankan MURDER study system diatas, terus kita masih gagal maka tawakkal dan sabar adalah jalan terbaik yang harus kita lakukan.

Sukses buat semuanya. Dan selamat mencoba MURDER study system, mudah2n semua ilmu kita bermanfaat. Amin…..

Leave a comment

Filed under Catcilku

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s