Indahnya Hidup Berlainan Karakter

Arti Sahabat

Arti Sahabat

Manusia hidup di dunia pasti mempunyai karakternya sendiri. Ada orang yang berwatak lembut, halus, santun, sopan, ada juga yang berwatak keras, egois, ingin menang sendiri dan lain sebagainya. Kalau kita tidak pandai memanage pergaulan dengan orang2 yang mempunyai karakter yang berbeda dengan kita, maka bukan tidak mungkin jika nantinya akan timbul masalah yang berhubungan dengan persahabatan atau pertemanan tersebut. Namun jika kita bisa mengatur sedemikian baik hubungan tersebut maka arti teman tidak akan sekedar jadi teman, bisa jadi seperti saudara malah.

Sebagaimana dalam pelajaran kewarganegaraan yang pernah saya pelajari di bangku SMA menenrangkan kalau kita hidup mempunyai dua peran sekaligus yaitu hidup sebagai makhluk individu dan makhluk sosial. Sebagai manusia individu manusia menjalani hidupnya sendiri sesuai dengan yang ia kehendaki, tapi sebagai makhluk sosial ia harus bisa berbaur dengan masyarakat, teman, saudara dan lain sebagainya. Selain itu sebagai makhluk sosial manusia juga harus menghargai, menghormati, menjaga perasaan dan selalu menjaga hubungan baik dengan manusia dan makhluk lainnya termasuk hewan dan tumbuh-tumbuhan.

Kalau hubungan baik dengan manusia serta makhluk lain sudah terjalin dengan baik, maka kehidupan ini akan terasa lebih indah. Karena kehadiran manusia dan makhluk lain akan selalu mewarnai hari-hari kita. Dengan punya banyak teman, banyak saudara, banyak relasi kita juga akan semakin mudah menghadapi segala urusan kita.

Teman, sahabat, saudara merupakan tempat kita mencurahkan segala kegundahan yang telah kita hadapi, menceritakan problem yang telah melanda kita serta berbagi bagaimana cara memecahkannya. Teman, sahabat, serta saudara merupakan barang berharga yang harus kita jaga keutuhannya. Ibarat berlian, sebisa mungkin kita menjaganya dengan kehati-hatian. Karena hati manusia itu sangat sensitif. Jangan samapi kita menyakiti hati saudara kita sendiri, membuatnya tersinggung, apalagi mengolok-oloknya. Sebagaimana diterangkan dalam alquran Janganlah seseorang mengolok-olok saudaranya yang lain, karena boleh jadi orang yang mengolok-olok tidak lebih baik dari yang diolok-olok.

“Mulutmu Harimaumu” begitulah yang sering diungkapkan oleh iklan-iklan. Benar memang kalau mulut ini adalah harimau bagi diri kita, dalam istilah arabnya Lisanuka Asaduka. Karena sekecap kita salah ngomong terhadap saudara atau teman kita maka akan sulit mengembalikan hubungan baik antara kita dengan teman kita. Oleh karenanya marilah kita sama-sama belajar mengerti, memahami, menghargai apa yang menjadi hak teman dan saudara kita sebagai manusia.

Mohon maaf kepada teman, sanak saudara serta sahabat-sahabat saya, apabila selama ini pernah ada salah sikap, salah kata, baik yang saya sengaja maupun tidak. Semoga Allah mengampuni dosa-dosa kita yang telah lalu dan yang akan datang. Mudah-mudahan kita bisa mengikuti jejak Rosul yang selalu menjaga akhlaknya dalam pergaulan sehari-hari. Amin…

Semoga manfaat
Wallahu a’lam Bisshowab…

1 Comment

Filed under Catcilku

One response to “Indahnya Hidup Berlainan Karakter

  1. liel_azza

    mudah2an kita termasuk umat yg tertera di untaian kata rasul:
    “ikhtilaafu ummaty rokhmatun”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s