Bahagianya Menuai Hasil Sendiri…..

Akhirnya yang ditunggu-tunggu datang juga. Siang tadi salah seorang temanku memberi tahu,” jam 1 siang kita ke kampus”. Aku tanya ngapain, dia bilang ajan(baca: guru) mengundang kita bertemu dengannya untuk melihat hasil ujian kita selama enam bulan kita kuliah disini. Aku jawab oke lah, terima kasih infonya. Sembari menunggu dzuhur aku masih sibuk di depan notebook meski hanya bermain dan mendengarkan musik. Mau istirahat tanggung, setengah jam lagi sudah dzuhur. Pukul 12.33 waktu setempat adzan dalam komputerku berkumandang, aku hentikan sejenak si mp3 yang sedari tadi meramaikan suasana rumahku. Mencoba khusyuk mendengarkan sang muadzin mengumandangkan adzan seraya menjawab panggilannya. Selang 5 menit, aku beranjak menuju tempat wudhu, bersiwak dan cuci muka sambil komat-kamit mebaca doa2 sunnah ketika wudhu. Solat dzuhur aku tegakkan tanpa jamaah, karena teman2 masih sibuk dengan urusan masing-masing. Jadi, nggak pa2 lah solat sendiri, Bismillah…..Innassholata tanha ‘anil fakhsyaai wal munkar.

Selesai solat tak lupa kupanjatkan doa pada Sang Pengabul doa-doa agar dikabulkan segala yang menjadi khajatku. Selang beberapa menit setelah selesai menghadap Rabbku, dengan segera aku ambil sepasang seragam beserta jilbab dari dalam almari. Layaknya muslimah yang lain, aku sempatkan berbenah diri dulu supaya terlihat rapi dan pantas dipandang. Ah…….alhamdulillah selesai berbenahnya.

Teman-teman diluar sana sudah siap dengan seragam hitam putihnya juga seperti yang kukenakan. Beriringan kita berjalan meuju kampus RMUTT tercinta untuk menemui ajan (re: guru) serta mengetahui nilai kita. Karena cuaca agak panas, dengan sedikit bergaya kita buka tiga buah payung untuk sekedar melindungi kulit kita dari sengatan matahari siang. Tidak lebih dari 15menit kita sudah sampai kampus. Sembari menunggu salah satu teman kita yang masih ada dirumah, kita sempatkan duduk di teras depan kampus dengan sedikit obrolan kocak dari teman2 cowok. Setelah semua datang, segera saja sang kepala suku menemui ajan yang tau tentang nilai kita. Beliau bernama Ajan Rachata.

Diruang internet kita berkumpul dan diberi tahu cara mengakses nilai kita lewat media internet. Tapi sayangnya si internet mai dai (baca:tidak bisa) membuka hasil nilai kita. Ajan bilang sih karena nama kita sulit (maklum beda bahasa). Akhirnya dengan bijak ajan memberikan nilai kita dalam selembar kertas putih bertuliskan beberapa skor yang telah diperoleh beserta indeks prestasi yang kita capai sejauh ini.

Bayu Setiawan, nama yang disebut pertama kali oleh ajan. Urutan keenam adalah namaku. Dengan agak kagok ajan membaca namaku, akupun tahu kalau yang dimaksud adalah namaku, secepat mungkin aku menerimanya. Tak lupa aku ucapkan “Thank you ajan”, setelah itu aku lihat tulisan pada selembar kertas puti h tersebut. Tumben-tumbennya hatiku nggak dag dig dug seperti ketika menerima KHS di kampus lama. Mungkin karena sebelumnya sudah tahu dari salah seorang teman yang memperkirakannya sendiri dan akupun percaya kalau perkiraannya benar.

Huh……benar tebakan temanku. Kini aku tahu nilaiku berapa. Yah…..g jelek-jelek amat sih, tapi lebih jelek dari semester sebelumnya (hehehe). Bersyukur sajalah.Toh sudah terlewati. Melihat teman-teman yang juga tahu hasilnya tampak agak gelisah diri ini. Serasa ingin menghibur diri, melihat teman-teman yang mendapat nilai bagus.

Kalau sudah begini, mulai deh hati beserta fikiranku berbicara. Nggak boleh suudzon, nggak boleh sedih. Toh itu hasil kerja kerasmu sendiri. Pikiran lain juga timbul, kalau memang itu pantas buat dia kenapa aku harus iri. Mungkin Allah sedang menguji kita, atau entah Allah tidak memberikan nikmatnya hanya didunia, tapi masih ditangguhkan untuk akhirat. Yah….semoga saja. Khusnudhon saja sama Allah. Karena menjadi yang terbaik belum tentu baik buat aku dihadapan Allah dan untu ke depannya. Aku yakin kalau apa yang kita peroleh akan sebanding dengan apa yang kita usahakan.

Semoga ini menjadi pelajaran bagiku untuk menjadi lebih baik lagi dan lebih semangat lagi dalam belajar. Semoga Allah memberi kelancaran dan kekuatan untuk mejalankan kewajibanku kepada-Nya. Amin…….

Aku ucapkan selamat atas perolehan nilai kita yang hasilnya nggak jelek-jelek amat sih…..
Tetap semangat ya teman-teman. Perjuangan kita belum selesai…..

Kophun Kha….
Rz_Q^_^

1 Comment

Filed under Catcilku

One response to “Bahagianya Menuai Hasil Sendiri…..

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s