Selamat berlebaran……:)

idulfitri

Allahu akbar…….
Allahu akbar…….
Allahu akbar…….
Lailaaha illallahu allahu akbar
Allahu akbar walillahilham

Suara bedug itupun menggema diseluruh penghujung kota, teriakan riang para adek kecil juga sudah mulai riuh dengan baju barunya yang dibelikan oleh umi abi mereka, dapur tidak berhenti mengepul, para ibu-ibu yang sedang sibuk mempersiapkan beraneka ragam makanan khas lebaran, tak kalah juga para bapak-bapak yang sudah bersiap mengenakan baju koko menuju masjid. Selepas pulang dari masjid acara halal bihalal pun ada dimana mana, dari keluarga kecil sampai keluarga terbesar, dari sesama teman, sesama saudara, dan sesama tetangga. Silaturrahim merupakan sarana bagi umat muslim untuk mempererat tali persaudaraan. Bagi anak kecil kurang lengkap rasanya kalo lebaran belum menerima angpau. Pasti mereka akan meminta kepada siapapun tanpa ada rasa malu untuk mendapatkannya. Asik…..kue lebaran juga ngga ketinggalan dalam acara halal bihalal ini. Tanpa kue-kue lebaran kurang terasa khasnya, meskipun itu bukan hal yang utama tapi kue merupakan penunjang isi perut agar tidak lapar, hahahaha, juga tidak ketinggalan makanan ketupat yang selalu menemani saat-saat lebaran kita utamanya bagi penduduk indonesia. Tapi sayang, semua itu hanya bisa terbayang dan jadi cerita saja bagi diriku. Diriku yang kini sedang dirantau tidak bisa merayakan lebaran seperti biasa dikampung. Tidak enak lebaran dinegri orang, apalagi dinegri yang sebagian besar penduduknya nonmuslim. Suasana lebaran terasa biasa-biasa saja, tidak ada kesibukan spesial bagi mereka dihari lebaran ini. Alhamdulillah aku tinggalnya tidak sendiri. Aku masih punya 14 orang teman sekabupaten yang juga sedang study bersama diriku dan menjadi keluarga sementaraku selama satu tahun. Teman juga seperti keluarga yang selalu ada dimana kita butuh, saat kita sedih mereka jadi pelipur lara kita, saat kita senang mereka juga merasakan kebahagiaan kita, saat kita sakit merekalah yang selalu setia merawat kita, siapa lagi kalo bukan teman.Ketika jauh dengan keluarga teman sangatlah berarti dalam hidup kita.
Continue reading

8 Comments

Filed under Ada cerita disini, Catcilku

Catatanku dihari ini

Ramadhan, kini sudah hampir tiada. Tapi apa yang telah bisa kuperbaiki selama dibulan Ramadhan. Sepertinya ramadhan tahun ini banyak kemunduran yang terjadi pada diriku. Banyak sebab mungkin yang bisa jadi pemicunya. Penyebab utama yang paling membuat nggak nyaman adalah dari faktor lingkungan. Lingkungan yang sebagian besar berpenduduk non muslim otomatis tidak kenal dengan istilah puasa, maksutnya tidak ada ajaran untuk melakukan kewajiban berpuasa seperti dalam ajaran agama islam,meskipun hanya kenal namanya saja. Mereka sih sebenarnya toleransi kepada kita, cuma bukan masalah makanan aja yang menjadi godaan, tapi lebih mengarah ke masalah pandangan mata. Di negri thailand, kalau tidak pandai2 menjaga mata bisa rusak nech mata kita…hehehe, pemandangannya itu loh yang bikin kita ngga nyaman. Mereka para perempuan khususnya suka menggunakan pakaian pendek, pakaian yang bisa mengundang pikiran yang tidak2 gitulah.Apalagi untuk kaum adam, harus seketat mungkin menjaga mata untuk tidak memandang hal2 yang bisa mengurangi pahala puasa.
Faktor lainnya mungkin karena kurangnya semangat dari diri kita sendiri untuk berniat memperbaiki segala amal ibadah kita. Sebenarnya segala sesuatu kembali kepada diri kita sendiri, entah dimana kita tinggal kalau semangat juangnya untuk berkonsentrasi kepada kegiatan dibulan Ramadhan insya allah akan tetap terjaga. Coba dari diri sendiri aja dulu, dari hal yang terkecil, pernah nggak kita terfikir untuk beramal dengan hati yang ikhlas, pernah ngga kita terfikir untuk saling membantu orang lain tanpa mengharap imbalan dan pujian. Subhanallah, sungguh penyakit hati memang sangat sulit untuk dikendalikan. Sering kita melakukan kebaikan tapi hati kita masih tidak ikhlas, masih dongkol, suka menggunjing dan sebagainya. Tapi entahlah, namanya manusia tidak pernah jauh dari kesalahan dan kekhilafan. Tapi dari sini saya coba koreksi diri lagi, kembali memperbaiki apa-apa yang telah lalu, merenungi diri.
Hal terbesar yang saat ini melanda diri saya adalah masalah hati. Entah angin apa yang bisa membuat hati saya jadi seperti ini, serasa tidak terkontrol. Astaghfirullah, ampuni segala dosa hamba ya Rabb.
Mumpung Ramadhan belum habis, ayuk kita coba perbaiki diri, belum tentu kita masih bisa berjumpa di Ramadhan tahun depan, meskipun kita sudah mengharapkannya, karena taqdir Allah ngga ada yang tau.
Ya Allah,tolonglah hamba selalu untuk senantiasa mudah dalam menjalankan kebaikan, senantiasa diberi hati yang ikhlas, sabar dan tawadhu’. Insya allah,,,,akan berbuah indah dihari kemenangan nanti.
Wallahu a’lam

Leave a comment

Filed under Catcilku, Iseng, Ramadhan

Marhaban ya Ramadhan

puasa_1
Ketika lisan berucap salah
Ketika tangan berbuat dosa
ketika hati salah berprasangka
dihari yang suci ini
perkenankanlah saya Rizqiyanti Amaliyah, Muhammad Hasanuddin(Ayahku), Khusniyah(Bundaku), Ikhwanuddin Akbar(Adekku)
Dari lubuk hati yang paling dalam
Memohon maaf lahir batin
Marhaban ya Ramadhan
Selamat datang bulan berkah, bulan penuh ampunan serta rahmat dari Allah SWT
Semoga kita bisa menggapainya……

Leave a comment

Filed under Catcilku, Ramadhan

Rintihan hati seorang hamba

Tak terasa waktu begitu cepat berganti
siang berganti malam
malampun berganti siang
detik berganti menit
menit berganti ke jam
dari jam menuju hari
haripun berubah ke minggu
minggu ke bulan
bulan ke tahun
Subhanallah….begitu hebat Engkau bisa mengatur waktu sedemikian rapi sehingga perputaran itu bisa kufahami
bisa kumengerti
bisa kupelajari
tapi entah…..apa aku akan juga bisa memanfaatkan waktu yang Kau berikan tersebut ya Rabb
sudah berapa banyak waktu yang kau berikan untuk hamba terbuang sia-sia
Sungguh….manusia tidak pernah bersyukur
saat diberi waktu longgar tapi disia-siakan
ketika diberi waktu yang sempit malah mengeluh
akankah kita terus-terusan seperti itu
ya Allah…..ampuni hamba
berikanlah hamba kekuatan, kemampuan tuk bisa menghargai waktu

Rabbi……
jadikanlah hamba orang yang sibuk mengingat Engkau
jadikanlah jamba orang yang senantiasa sibuk mencari keridhaan Engkau
berikanlah petujukMu ya Allah
jangan sedetikpun hamba Engkau lupakan
hamba tidak sanggup mengemban beban hidup hamba tanpa adanya pertolongan Engkau

Ya Allah…..
Kabulkanlah doa hamba ya…..
hanya kepada Engkau hamba meminta, memohon pertolongan, berserah diri serta mencurahkan segala keluh kesah

Dimalam yang kau sucikan ini, izinkan hamba memohon ampun kepada Engkau Ya Rabb
Rabbana atina fiddunya hasanah wa filakhirati khasanah waqina ‘azdabannar…Amin

2 Comments

Filed under Catcilku, Iseng

Antara Merah Putih dan Gajah Putih

@Dormitori

@Dormitori

Suatu hari ibu mendengar sebuah berita radio tentang pendaftaran kuliah di negri gajah putih. Mendengarnya ibu kelihatan sangat tertarik. Ibu mana yang tidak menginginkan anaknya bisa sukses dan bisa kuliah diluar negri. Subhanallah, karunia Allah, rupanya perkataan seorang ibu merupakan sebuah doa. Selang beberapa hari, ada berita bahwa 15 orang dari tiga program studi akan di berangkatakan ke thailand dalam waktu dekat yaitu dari program studi Teknologi Industri Pangan, program studi Peternakan, dan program studi Produksi Tanaman Hortikultura. Alhamdulillah, diantara kelima belas orang yang terpilih itu aku termasuk didalamnya sebagai delegasi dari program studi Teknologi Industri Pangan. Continue reading

2 Comments

Filed under Ada cerita disini, Catcilku, Iseng

Al-Hadits

Indeed the worst of lies is that of a person who falsely claims to have had a dream. “Whoever claims to have a dream which he didn’t have, will be ordered to he two barley grains together, which he will never be able to do”(Shohih Bukhori)

It was narated by Abu Hurairah that the Prophet of Allah (SAW) said:
During your sleep Syaitan knots three knots at the back of the head of each of you and he breathes the following words at each knot
Continue reading

3 Comments

Filed under Catcilku, Tausiyah

Tips membuat Read more di WordPress

Pagi tadi saya tidak sengaja membuka sebuah blog yang masuk Top 100 Indonesian blog, saya menemukan bagaimana cara membuat read more pada blog worpress yang selama ini saya cari-cari. Saya rasa read more ini banyak dibutuhkan oleh kalangan blogger khususnya yang memakai worpress, dan ternyata masih banyak yang belum mengetahui caranya. Dengan tulisan saya ini mudah-mudahan bisa sedikit membantu para blogger wordpress sekalian. Inilah caranya:
Continue reading

Leave a comment

Filed under Catcilku, Iseng